Tips Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi yang Tidak Licin dan Aman

Kamar mandi adalah bagian dari rumah yang menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi setelah dapur. Banyak sekali aktivitas yang dilakukan di dalam kamar mandi seperti mandi, mencuci tangan dan kaki, mencuci baju, membersihkan sesuatu, hingga buang air. Oleh sebab itu, kamar mandi harus selalu dalam kondisi bersih agar pemakainya merasa nyaman, terutama pada bagian lantai. Licin atau tidaknya lantai kamar mandi selain tergantung dari kebersihan, juga tergantung dari jenis keramik yang digunakan. Karenanya, sebelum memilih jenis keramik yang akan dipergunakan, lebih baik Anda baca tips di bawah ini.


Jenis Keramik Yang Cocok Untuk Lantai Kamar Mandi Agar Aman dan Nyaman

Lantai kamar mandi memegang peranan penting untuk menciptakan kenyamanan pemakai di dalamnya. Selain warna dan motif keramik yang menjadi pertimbangan, faktor keamanannya pun perlu diperhatikan. Yang dimaksud dengan faktor keamanan adalah ketika keramik yang digunakan terlalu menjadi licin jika basah. Jangan sampai Anda memilih jenis keramik yang salah hingga menyebabkan seseorang terpeleset. Berikut ini tips memilih keramik yang aman untuk lantai kamar mandi. Diantaranya adalah :

1. Jangan menggunakan keramik yang halus dan licin

Hindari untuk memilih jenis keramik atau menggunakan keramik yang halus dan licin. Keramik halus dan licin biasanya dipergunakan di ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga. Namun untuk kamar mandi, keramik licin akan membuatnya berbahaya jika terkena air. Apalagi jika Anda memiliki anak-anak, sangat tidak disarankan menggunakan jenis keramik yang licin atau halus pada permukaannya untuk lantai kamar mandi.

Pastikan untuk membedakan antara keramik di kamar mandi dengan keramik halus untuk ruangan lainnya artinya jangan menggunakan jenis keramik yang sama. Meskipun demikian Anda juga harus tetap mempertimbangkan sisi keindahannya. Walaupun kamar mandi adalah tempat membuang barang kotor, tapi tidak ada salahnya bukan mendekorasi agar kamar mandi tetap nyaman dan tidak terkesan jorok.

2. Pilih keramik yang memiliki motif di permukaannya

Keramik yang paling aman dan tidak mudah licin adalah keramik yang kasar permukaannya. Contohnya seperti keramik batu koral, keramik heksagonal, keramik motif marocan dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak pilihan motif keramik di pasaran yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Keramik yang memiliki permukaan kasar akan mengurangi kemungkinan orang terpeleset di atasnya walaupun lantai kamar mandi dalam keadaan basah. Selain keramik batu koral, tersedia juga motif timbul di atasnya seperti motif bunga, motif gambar, dan motif abstrak lainnya. Motif timbul yang ada di atas keramik bisa dipergunakan sebagai tumpuan agar tidak menjadi terlalu licin jika dalam keadaan basah sehingga aman untuk dipergunakan.

3. Pilih yang ukuran sesuai agar mudah dibersihkan

Pastikan memilih ukuran keramik yang tidak terlalu kecil atau terlalu memiliki banyak sekat. Umumnya jamur akan tumbuh di area sekat-sekat antar keramik. Jamur-jamur ini jika dibiarkan tanpa dibersihkan akan membuat lantai keramik menjadi licin. Banyaknya sekat akan membuat proses pembersihan akan memakan waktu yang cukup lama karena jamur harus dibersihkan hingga tuntas agar tidak tumbuh kembali.

Pemilihan jenis keramik lantai sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan saat berada di kamar mandi. Memilih keramik tidak hanya mengacu pada sisi keindahannya saja, namun juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan. Kamar mandi adalah area yang bisa dibilang selalu basah dan mudah menjadi licin. Oleh sebab itu, Anda harus pandai-pandai memilih jenis keramik agar kamar mandi tetap nyaman dan aman.