Inilah Pahala Mengasuh Anak Yatim di Rumah Sendiri

Menurut pengertian dalam masyarakat, anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati oleh orang tuanya. Artinya, anak ini tidak memiliki orang tua yang akan menanggung biaya hidupnya dan terlebih lagi tidak memiliki sosok orang tua yang berperan sebagai pembimbing. Pada umumnya, anak yatim diasuh oleh keluarga terdekatnya atau paling tidak berada di panti asuhan.

Bagaimanakah nilai pahala yang Anda peroleh jika mengasuh anak yatim di rumah sendiri? Mengangkat dan mengasuhnya seperti anak sendiri? Berikut ini ulasannya.


Balasan Pahala Untuk Pengasuh Anak Yatim

Anak yatim adalah salah satu golongan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam Al-quran beberapa kali disebutkan keutamaan anak yatim termasuk juga keutamaan bagi orang-orang yang memuliakannya. Memuliakan anak yatim tidak hanya memenuhi kebutuhan mereka akan materi tapi juga memenuhi kebutuhan mereka akan sosok orang tua.

Sungguh hal yang sangat mulia sekali jika Anda berniat hendak mengasuh anak yatim di rumah sendiri. Berikut ini adalah beberapa keutamaannya.

1. Bernilai pahala yang besar dan kedudukan tinggi di Surga

Menyantuni anak yatim merupakan amalan yang memberikan pahala yang besar, apalagi jika Anda mengasuh anak yatim di dalam rumah sendiri dan memperlakukannya seperti anak sendiri. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW, orang yang demikian ini, pasti Allah akan memasukkannya ke dalam surga.

2. Memuliakan mereka sama dengan memuliakan diri sendiri

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang mengasihi anak yatim maka hatinya akan menjadi lembut, segala kebutuhannya akan terpenuhi dan juga secara tidak langsung ia juga memuliakan dirinya sendiri. Allah akan membalas kemuliaan hari seorang yang mengasihi anak yatim dan juga membuat martabat manusia itu menjadi lebih baik.

3. Mendapatkan Pahala setara dengan jihad

Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan, nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa barang siapa yang mengasuh tiga anak yatim maka ia seperti orang yang berangkat di pagi dan sore hari untuk berperang. Orang yang demikian ini akan berdiri bersama Rasulullah SAW seperti berdirinya ibu jari dan jari tengah, yaitu sangat dekat sekali.

4. Mendapatkan perlindungan di hari kiamat

Nabi Muhammad SAW juga bersabda dalam hadistnya bahwa orang yang mengasihi dengan sebenar-benarnya kasih kepada anak yatim tidak akan diadzab oleh Allah di hari kiamat kelak.

5. Mengasuh mereka akan menjadi tetangga dekat Rasulullah SAW di Surga

Seperti yang telah disebutkan diatas, orang yang mencintai dan mengasihi anak yatim akan bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam surga. Mereka akan menjadi tetangga yang rumahnya berdekatan dengan Rasulullah SAW.

Menjadi anak yatim sudah merupakan takdir yang dipilih oleh Allah. Segala kekurangan mereka merupakan ladang amal yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa meraih pahala yang banyak dari Allah. Semoga niat Anda untuk mengasuh anak yatim segera terlaksana dan dipermudah jalannya.